Konsultasi sales dan service Pemanas air Solar Water Heater (SWH), Filter air, RO - reverse osmosis, Jakarta - Bandung. Hubungi WA 087823659247

Kategori Produk

KONSULTASI TENTANG PEMANAS AIR SOLAR WATER HEATER dan WATER FILTER WA/CALL 087823659247

Tuesday, November 24, 2015

Setting Digital Control SANKEN

Ada beberapa pertanyaan by telepon tentang cara penggunaan Digital Controller yang dimiliki oleh solar water heater Sanken. Lewat blog ini kami memberikan penjelasan tentang Digital Controller

  1. Digital Controller sebagai pengontrol kerja solar water heater. Bisa nggak tidak menggunakan Digital Controller ? Tidak bisa, artinya solar water heater tidak berfungsi
  2. Digital Controller dapat menyimpan memori program dengan batere. Jika lebih dari 2 tahun bisa jadi batere sudah lemah dan harus diganti.
  3. Digital Controller bisa diletakkan di mana saja asal tidak kena sinar Matahari langsung dan tidak terkena percikan air.
  4. Teknisi SANKEN selalu mensetting Digital Controller sesuai keinginan/kebutuhan Anda. Apakah perlu di setting ulang ? Tidak perlu selama tidak ada perubahan. Bisakah Digital Controller dipandu penggunaannya lewat telepon ? Bisa, hubungi 021-66693246
Apa yang bisa Anda dapatkan dari Digital Controller ? Digital Controller bisa :
  1. Menampilkan Waktu, suhu air di tangki, level air di tangki dan indikator fungsi dari heater dan magnetic valve.
  2. Menampilkan error code yang memberikan indikasi kerusakan. Dan didalam buku manual diberikan panduan untuk memperbaiki error code yang terjadi.
  3. Memprogram atau mensetting kinerja solar water heater sebanyak 3 program
  4. Digital Controller selain bisa diprogram menyediakan juga manual untuk mengaktifkan aliran air yang masuk dan mengfungsikan back up heater.
Digital Controller digaransi 12 Bulan sejak pemasangan.
Bagaimana cara memprogram atau mensetting Digital Controller ? Digital Controller menyediakan 3 program. Yang dimaksud dengan program atau setting adalah 
  • memasukkan waktu (jam), 
  • setting suhu back up heater dan waktu back up heater difungsikan
  • setting level air yang diinginkan dan waktu aliran air difungsikan.
Caranya dengan menekan saklar sentuh SET,
  • Dasar pengisian air ke dalam tangki disarankan setelah pemakaian dan diisi untuk level 100%, misalkan malam hari  setelah semua orang menggunakan air panas. Bisa waktu pengisian pada pukul 22:00 atau 24:00 agar dipagi hari saat digunakan air penuh. Dan untuk program 2 (F2) dapat disetting pada pagi hari setelah semua orang beraktivitas sekitar pukul 08:00 atau 09:00 agar air yang penuh dapat dipanaskan kembali oleh sinar Matahari.
  • Untuk back up heater dapat dilakukan dengan setting suhu minimum untuk mengfungsikannya atau dapat disetting dengan waktu. Misalkan pada malam hari setelah digunakan air di dalam tangki menurun suhunya maka Anda bisa mensetting suhu minimal yang dibutuhkan untuk bisa mandi, misalkan suhu minimumnya 65 derajat. Artinya jika suhu aair berada di bawah 65 derajat C maka back up heater bekerja. Atau Anda bisa menyalakan back up heater sesuai waktu, misalkan sebelum Anda mandi di pagi hari maka back heater menyala 3 jam sebelumnya. Lalu setting waktu untuk heater pada pukul 03:00.
Secara umum program hanyan untuk 2 saja dan F3 tidak perlu. Tetapi tergantung Anda bisa saja F3 diprogram selama diperlukan.
Semua program itu dilakukan secara bertahap dengan cara menekan saklar SET.
Secara berturut muncul : 
WAKTU ... setting waktu sekarang. tekan bawah atas dan bawah untuk mengatur angkanya.
F1 .... setting temperatur minimum dan waktu pengaktifan back up heater
     .... setting waktu pengisian air dan level air yang mau diisi.
F2 ....ikuti cara F1
F3 ....ikuti cara F1
Jika F3 tidak diprogram maka Anda melewatkannya dengan menekan SET.


Seperti yang kita ketahui, SANKEN Solar Digital Controller ini berfungsi untuk mengatur level air yang diinginkan didalam tangki, mengatur suhu minimum yang diinginkan didalam tangki dan mengindikasikan bila terjadi Troubleshooting. Berikut adalah keterangan lengkapnya.

Mengatur Level Air
Cara untuk mengatur level air adalah sebagai berikut;
1.      Mengatur pengisian air sesuai dengan waktu.
Dengan adanya menu waktu pada digital controller ini seperti pada umunya di HP kita, menu pengisian air sesuai waktu yang diinginkan bisa dilaksanakan. Kita diperbolehkan untuk mengatur pengisian otomatis di 3 waktu yang berbeda dalam satu hari. Contoh, jika kita menyeting pada jam 7 pagi, 12 siang dan 5 sore, maka secara otomatis jika pada saat waktu-waktu tersebut level air ada dibawah level yang kita setting (atau level F1,F2,F3) maka pengisian air akan berjalan. Jika sudah diatas level yang kita setting maka pengisian tidak akan terjadi.
2.     Mengatur pengisian air otomatis sesuai dengan keadaan tangki.
Dengan adanya sensor level air didalam tangki, kita bisa mengatur pengisian air sesuai dengan keadaan level air didalam tangki. Misalnya pada saat kita menginginkan level air selalu 100, maka pada saat air didalam tangki berkurang signifikan (≤50%) maka pengisian air secara otomatis akan berjalan.
3.      Ada lagi pengisian air secara otomatis yang tidak perlu kita setting. Ini adalah perlindungan yang sudah ada didalam digital controller, jika level air sudah dibawah 25%, maka indikator akan berkedip selama 30 menit dan akan langsung terisi secara otomatis sampai full (100%)

Mengatur Suhu air
Cara untuk mengatur suhu air supaya selalu panas adalah sebagai berikut;
1.      Mengatur suhu air minimum yang diinginkan sesuai dengan waktu
Dengan adanya menu waktu pada digital controller seperti yang tadi dijelaskan, menu pemasan air (dengan backup listrik) sesuai waktu yang diinginkan bisa dilaksanakan. Kita diperbolehkan untuk mengatur pemanasan otomatis di 3 waktu yang berbeda dalam satu hari. Contoh, jika kita menyeting pada jam 7 pagi, 12 siang dan 5 sore, maka secara otomatis jika pada saat waktu-waktu tersebut suhu air ada dibawah suhu yang kita setting (atau level F1,F2,F3) maka pemanasan air (dengan backup heater) otomatis akan berjalan. Jika sudah diatas suhu yang kita setting maka backup listrik tidak akan berjalan.
2.      Mengatur pemanasan air (dengan backup listrik) otomatis sesuai dengan keadaan tangki.
Dengan adanya sensor suhu air didalam tangki, kita bisa mengatur pemanasan air sesuai dengan keadaan suhu air didalam tangki. Misalnya pada saat kita menginginkan suhu air tidak boleh kurang dari 60 derajat, maka pada saat suhu air didalam tangki sudah 5 derajat (toleransi = 5 derajat) dibawah suhu settingan (60-5 = 55 derajat) maka pengisian air secara otomatis (dengan backup listrik) akan berjalan hingga air mencapai 60 derajat (suhu settingan).
3.      Penyetingan suhu stabil juga bisa dilakukan dengan kondisi level air didalam tangki kurang dari 100%. Misalnya jika level air didalam tangki adalah 50% dan settingan suhu stabil yang kita inginkan adalah 70 derajat, maka pada saat suhu air melewati suhu stabil (70 derajat), proses pengisian air secara otomatis akan berjalan (naik 1 level, naik 25% menjadi 75%). Pada saat diisi dengan air dingin menjadi 75% tentunya suhu air didalam tangki sudah turun dibawah 70 derajat. Sekali lagi jika suhu melewati suhu settingan (70 derajat), maka air akan diisi lagi secara otomatis (menjadi 100%). Jika sudah mencapai 100% maka menu suhu air stabil tidak bisa berfungsi lagi.
4.      Menu perlindungan dari pemanasan air dengan backup listrik yang bisa membahayakan juga tersedia di controller ini. Karena letak backup listrik ada diatas level air 25%, maka pada saat air sudah dibawah 50% (alias backup listrik tidak terendam air), backup listrik/proses pemanasan air tidak bisa terjadi (diblok). Level air harus berada minimum 50% baru bisa menjalankan pemanasan/backup listrik.

Contoh kasus 1:
Rumah pelanggan yang ditempati 3 orang membeli unit 100L Solarex SANKEN. Mereka mandi rata-rata setiap hari pada pukul kurang lebih sekitar jam 6:00 dan jam 18:00. Bagaimana cara mensetting pengisian dan pemanasan air otomatis pada Digital Controller yang baik, aman dan efisien?

Goal: Air panas selalu tersedia dan panas
Diketahui:
suhu air hangat yang pas untuk mandi = sekitar 38 derajat.
Suhu air dingin = sekitar 27 derajat.
Suhu air panas yang dibutuhkan untuk dicampur dengan air dingin = sekitar 60 derajat.
Kesimpulan:
a.       Untuk menjamin air selalu panas;
- Air didalam tangki harus selalu diatas 60 derajat. Untuk menjamin hal tersebut, cukup “mengatur suhu air minimum yang diinginkan sesuai dengan waktu”. Kami merekomendasikan untuk mensetting F1 suhu 65 derajat 3 jam sebelum mandi pertama, F2 suhu 65 derajat 3 jam sebelum mandi kedua, F3 suhu 65 derajat 6 jam setelah F2.
- Pengaturan “pemanasan air (dengan backup listrik) otomatis sesuai dengan keadaan tangki” tidak digunakan untuk di rumah residential karena akan terjadi pemborosan penggunaan listrik yang sebenarnya tidak diperlukan. Unit menjadi tidak efisien.
- Sedangkan jika untuk penggunaan di Industri, suhu minimum harus disetting sesuai dengan kebutuhan dan lebih aman dengan menggunakan “Pengaturan pemanasan air (dengan backup listrik) otomatis sesuai dengan keadaan tangki”.
- Dalam contoh kasus ini, pengaturan pemanasan air yang baik adalah: F1 65 derajat 3:00, F2 65 derajat 15:00, F3 65 derajat 21:00. Fungsi suhu air konstan/minimum tidak dijalankan.

b.      Untuk menjamin air selalu tersedia didalam tangki;
- Agar unit lebih efisien, pengisian air otomatis dapat disetting 2 jam setelah setiap habis mandi (berdasarkan waktu) sekaligus menggunakan “Pengaturan pengisian air otomatis sesuai dengan keadaan tangki” di level 100%.
- Mengapa tidak diisi sebelum mandi? Karena jika air dingin baru diisi sebelum mandi, otomatis suhu air panas yang ada didalam tangki akan berkurang/tidak maksimum. Selain itu proses pemanasan dengan matahari pun menjadi tidak efisien. Setelah pelanggan diatas mandi jam 6 pagi, air di dalam tangki pun pasti tidak full, dan selama siang, proses pemanasan dengan tenaga surya hanya digunakan untuk quantity air yang sedikit (tidak maksimum), dan nantinya pada saat ada pengisian sebelum jam 18:00, suhu air panas tersebut akan berkurang lagi.
- Dalam contoh kasus ini, pengaturan pengisian air yang baik adalah: F1 100% 8:00, F2 100% 20:00, F3 -- --:--. Fungsi level air konstan di level 100%.


Contoh kasus 2:
Rumah pelanggan ditempati 3 orang menggunakan 1 unit Solarex 100L. Mereka mandi rata-rata pada pukul 7:00 dan 20:00. Setting yang baik?

Goal: Air panas selalu tersedia dan Panas.
Kesimpulan:
a.       Untuk menjamin air selalu panas;
-          Pengaturan pemanasan air yang baik adalah: F1 65 derajat 4:00, F2 65 derajat 17:00, F3 65 derajat 23:00. Fungsi suhu air konstan/minimum tidak dijalankan.
b.      Untuk menjamin air selalu tersedia didalam tangki;
-          Pengaturan pengisian air yang baik adalah: F1 100% 9:00, F2 100% 22:00, F3 -- --:--. Fungsi level air konstan di level 100%.


Contoh kasus 3:
Motel dengan kapasitas tinggal 10 orang menggunakan 1 unit Solarex 200L. Cara setting yang baik?

Goal: Air panas selalu tersedia dan Panas.
Kesimpulan:
a. Untuk menjamin air selalu panas;
-          Karena motel ini ditempati oleh orang yang mandinya tidak bisa diprediksi kapan. Kita bisa mengasumsikan mereka bisa mandi kapan saja tetapi tetap mengacu ke jam-jam normal orang mandi (Jam 6:00 dan 18:00). Pengaturan pemanasan air yang baik adalah: F1 65 derajat 3:00, F2 65 derajat 15:00, F3 65 derajat 21:00.
-          Atau, jika motel ini memiliki spa yang harus 24 jam membutuhkan air panas, maka lebih baik untuk keadaan seperti ini fungsi suhu air konstan/minimum dijalankan: 65 derajat.
b. Untuk menjamin air selalu tersedia didalam tangki;
-          Pengaturan pengisian air yang baik adalah: F1 100% 8:00, F2 100% 20:00, F3 -- --:--. Fungsi level air konstan di level 100%.

-     Atau cukup dengan Fungsi level air konstan di level 100%.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang telah menggunakan solar water heater SANKEN.
Ingin tahu tentang solar water heater SANKEN, hubungi 085100757352

5 comments :

  1. Kalo eror E1&E2 kenapa ya mohon ulasan nya

    ReplyDelete
  2. Klo muncul eror E2 itu eror apanya ya

    ReplyDelete
  3. Pada modulnpengisian air selalu mati, tadinya dikira sensor yang bermasalah setelah ganti sensor ternyata tetap terulang

    ReplyDelete
  4. Klo beli controller dimana ka ya?
    Punya saya ke bakar.. Tolong dinti di jwb ka ya. Trimksih byk sblumnya

    ReplyDelete