Konsultasi sales dan service Pemanas air Solar Water Heater (SWH), Filter air, RO - reverse osmosis, Jakarta - Bandung. Hubungi WA 087823659247

Kategori Produk

KONSULTASI TENTANG PEMANAS AIR SOLAR WATER HEATER dan WATER FILTER WA/CALL 087823659247

Friday, November 16, 2012

Berapa kapasitas Solar water heater ?


Seorang calon pembeli seringkali terkecoh untuk membeli solar water heater dengan memilih kapasitas yang paling rendah, misalkan 100 liter. Lalu mulai membandingkan dari berbagai merek solar water heater dan keputusannya adalah memilih harga yang paling murah. Benarkah keputusan tersebut ??
Menghitung kapasitas solar water heater menjadi penentu dalam membeli. Bagaimana kita menghitung kapasitas solar water heater ?
Ada asumsi awal yang kita pakai yaitu temperatur mandi ... misalkan 38 derajat C, tidak panas dan tidak dingin (untuk kalangan tertentu bisa 35 derajat C).


Perhatikan tabel di atas, suhu awal adalah kinerja masing-masing solar water heater, setiap merek berbeda. perbedaan suhu yang dihasilkan menjadi penentu Anda dalam memilih kapasitas. Tabel di atas menunjukkan bahwa semakin tinggi temperatur semakin sedikit penggunaan air panas yang artinya temperatur yang tinggi tidak memerlukan kapasitas yang besar. Kesetaraan kapasitas untuk kategori swh sistem yang sama.

Kapasitas 100 liter swh dengan suhu 100 derajat 
Kapasitas 120 liter dengan suhu 90 derajat C 

Perbandingan kapasitas ini dapat kita lakukan untuk evacuated tube dengan flat panel.
Apa yang terjadi bila kita hanya membandingkan merek solar water heater dengan kapasitas yang sama ? Bila keputusan itu terjadi, maka pilihan solar water heater dengan temperatur yang lebih rendah dapat mengakibatkan pemakaian back up heater menjadi lebih lama (sering) sehingga pemakaian listrik menjadi lebih boros.
Mari kita sebagai konsumen harus mampu menjadi cerdas dalam memilih BUKAN mengikuti harga yang lebih murah atau feature lain yang tidak membuat kita hemat listrik. Solar water heater diciptakan untuk mengurangi porsi pemakaian listrik. 

Ingin konsultasi lebih lanjut hubungi : 021-70757352

No comments :

Post a Comment