Konsultasi sales dan service Pemanas air Solar Water Heater (SWH), Filter air, RO - reverse osmosis, Jakarta - Bandung. Hubungi WA 087823659247

Kategori Produk

KONSULTASI TENTANG PEMANAS AIR SOLAR WATER HEATER dan WATER FILTER WA/CALL 087823659247

Sunday, May 4, 2014

Mengganti Solar Water Heater Lama Anda

Mulai 2013 sampai sekarang semakin pesatnya penjualan solar water heater di Indonesia mengundang banyak orang ingin membeli pemanas air matahari ini agar hemat listrik. Dan termasuk pula mereka yang sudah menggunakan solar water heater 5 sampai 10 tahun lalu, Mengapa mesti membeli yang baru ? Dari perbincangan penulis dengan mereka yang membeli ditemukan beberapa alasan :
1. Membeli swh atau pemanas air matahari karena sudah rusak karena bocor yang disebabkan karat.
2. Membeli swh atau pemanas air matahari karena air panas yang dihasilkan kurang panas yang disebabkan persedian air panas tidak cukup.
3. Membeli swh atau solar water heater karena rekening listriknya semakin tinggi.
4. Membeli swh atau solar water heater karena sudah rusak dan menjadi mahal untuk diperbaiki (dibanding dengan harga baru swh).
Dari ke-4 alasan itu, dapat kami uraikan agar Anda yang baru memutuskan untuk membeli atau mengganti pemanas air matahari agar mencegah kesalahan yang sama sebagai berikut :
Membeli swh atau solar water heater TIDAK HANYA untuk 1 - 3 TAHUN, tapi untuk 5 - 15 TAHUN. janganah Anda tergoda karena HANYA HARGA RENDAH, tapi tidak mendapatkan INFORMASI YANG BENAR tentang SWH atau SOLAR WATER HEATER.
Membeli swh atau pemanas air matahari HARUS berKONSULTASI dengan AHLInya BUKAN sekedar MEMBELI dari seorang SALESMEN. KeAHLIan seorang KONSULTAN swh atau solar water heater adalah MEMAHAMI kebutuhan Anda dan MEMBERIKAN solusi yang tepat khusus untuk Anda.

1. Kebocoran yang terjadi bisa disebabkan karena kualitas air yang tidak memenuhi syarat (mengandung mineral yang tinggi seperti kapur, besi dan mangan). PERLU DIINGAT ! kualitas air untuk swh menjadi faktor penting bagi kehandalan air panas yang dihasilkan.
a. Air yang tidak berkualitas menyebabkan mineral dalam air yang dipanaskan menjadi endapan. Endapan ini bisa menyebabkan daya tahan panas atau daya serapnya semakin menurun, dan semakin lama semakin memberi dampak korosi pada bagian-bagian tertentu. Bagi Anda yang mengalami hal ini harus memutuskan untuk mendapatkan solusi filter air agar investasi Anda terjaga dan swh yang handal.
b. Jika air yang hanya sedikit di atas kualitas yang dipersyaratkan, maka kandungan mineral itu masih bisa diredam (dieliminir) dengan Anode Magnesium. Umumnya swh atau pemanas air matahari ini sudah dilengkapi Anode Magnesium, TAPI Anda perlu memastikan hal ini karena ada beberapa produk tidak melengkapinya. JANGAN LUPA, untuk selalu memeriksa Anode Magnesium 2 tahun sekali (tergantung kualitas air, semakin rendah kualitasnya semakin pendek waktu pengecekan) untuk diganti karena Anode Magnesium bisa habis (fisiknya terkikis oleh reaksi mineral dalam air).
c. Perawatan rutin menjadi PENTING untuk mengecek dan mengoptimalkan kerja swh atau solar water heater, minimal 6 bulan sekali. Yang pasti pengecekan untuk menjamin swh bekerja maksimal tanpa ada kerusakan yang berarti. Bagi Anda, ini adalah keputusan yang berat karena mengeluarkan biaya. Anda bisa membuat kontrak service dengan MEREK penjual swh. Pastikan membeli swh juga Anda merasa YAKIN dengan keberadaan PELAYANANnya.
2. Untuk persoalan persedian yang tidak cukup dan meningkatnya rekening listrik BISA disebabkan dari point 1 dan ada beberapa hal yang tidak mendapatkan penjelasan yang benar dari penjual swh.
a. Menghitung kapasitas yang benar. Seringkali penjual swh menawarkan yang murah lebih dulu tanpa perlu menghitung kebutuhan Anda. Hal ini juga didukung oleh Anda yang ingin swh yang murah. MAKA yang Anda beli adalah yang paling murah dan yang murah itu adalah kapasitas yang paling kecil, yahh 130 liter atau 168 liter atau 100 liter. Setiap produk swh dari berbagai merek mempunyai kinerja air panas yang berbeda sesuai dengan teknologi yang mereka usung. Ingat ! semakin tinggi suhu air panas semakin sedikit Anda memerlukan air panas untuk kebutuhan Anda. Jadi kapasitas 100 liter yang sama untuk merek yang berbeda BELUM TENTU sama KAPASITASnya dalam menghasilkan air panas. Bagi Anda, dilarang membeli kapasitas paling kecil (yang murah) sebelum tahu kebutuhan Anda. Jika ini Anda lakukan maka Anda bisa mengalami persoalan di kemudian hari seperti di atas. Anda membeli swh atau pemanas air matahari untuk 5 - 15 tahun kemudian, jadi janganlah faktor harga menjadi pertimbangan UTAMA dan PERTAMA. Tanyakan lebih lanjut cara menghitung kapasitas yang Anda butuhkan kepada KONSULTAN swh BUKAN penjual swh.
b. Kesalahan dari penentuan kapasitas swh atau pemanas air matahari yang tidak tercukupi untuk periode 1 hari dengan 2 kali pemakaian (mandi sore dan pagi hari). Akibatnya adalah air panas yang tidak cukup (suhu rendah) membuat back up heater bekerja secara otomatis dengan setting suhu yang tetap. Bagi Anda perlu MEMIKIRKAN produk swh atau solar water heater yang dapat memonitor dan mengaktifkan back up heater. DIGITAL CONTROL swh mempunyai kelebihan karena mempunyai fungsi untuk mengaktifkan back up heater berdasarkan suhu minimal, berdasarkan waktu tertentu atau secara berdasarkan manual. Selain itu DIGITAL CONTROL swh juga bisa mengatur kapan air dingin ditambahkan agar dicapai suhu lebih stabil.
3. Membeli swh atau pemanas air matahari yang sudah free energinya, tidak membuat Anda juga mau free juga dalam pemeliharaan. Pemeliharaan dilakukan untuk menjamin selalu stabil kinerja swh atau pemanas air matahari, biaya pemeliharaan sangat bergantung kepada kepatuhan Anda dalam memenuhi persyaratan yang benar dalam menggunakan swh atau solar water heater. Bagi Anda, Pemeliharaan swh menjadi penting dan harus dilakukan.

Kami berharap dengan membaca tulisan ini, Anda menjadi lebih paham dalam membeli swh atau solar water heater. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang benar dari produk swh yang Anda beli. Semakin sedikit Anda mendapatkan konsultasi semakin membuat Anda menanggung resiko yang lebih buruk.

Ingin tahu lebih banyak tentang swh atau solar water heater :
Ir. Munir Hasan Basri
Phone : 021-70757352 atau 081310737352
What app : 083876323678 atau 081293199826

No comments :

Post a Comment